Senin, 05 September 2011

Jerawat? Tidaaaaak!

Jerawat dimuka, sstt jangan panik! segala macam cara pasti udah dilakuin tapi tetap saa ada kan? gimana caranya ngilangin jerawat?? apa itu jerawat?? Let's see...

Apa Itu Jerawat?
Jerawat adalah radang kulit yang umumnya disebabkan pori-pori yang tersumbat atau terinfeksi yang akhirnya meradang. Mereka muncul dimuka, leher, dada, punggung bahkan kadang-kadang juga di bahu. Penyebab jerawat umumnya karena faktor hormon, timbulnya minyak atau sebum yang menyatu dengan bakteri.
Berdasarkan penelitian, masalah kulit yang dialami remaja adalah jerawat dan kulit berminyak. Setuju? Soalnya diusia remaja produksi minyak cenderung berlebihan. tapi, gak cuman remaja saja yang mengalaminya. 20% bayi yang baru lahir juga bisa jerawatan loh, tapi jerawat ringan. Namanya Newborn Acne. Ada lagi jerawat Infantile Acne yang dialami bayi umur 3-6 bulan, jerawat acne vulgaris terjadi pada usia 12-24 tahun (jerawat yang sering dialami remaja). Terakhir adalah jerawat Cystic Acne yang cuma bisa diderita sama cowok-cowok usia muda, tapi jarang banget sih terjadi.

Tipe Jerawat:
1. Komedo

Ada dua tipe komedo, tertutup dan terbuka. Komedo yang terbuka ciri-cirinya keliatan dari pori-pori yang membesar dan menghitam tapi warna yang hitam bukan karena kotoran, tapi penyumbat pori yang berubah warna karena teroksidasi udara. Sedangkan, komedo yang tertutup memiliki kulit yang tumbuh diatas pori-pori yang tersumbat sehingga terlihat seperti tonjolan putih.
2. Jerawat Biasa
Ciri-cirinya berwarna pink atau kemerahan, penyebabnya karena pori-pori terinfeksi bakteri yang dibawa jari tangan, kuas make up. Penyebab lainnya bisa juga karena stres, hormon, dan udara lembab.
3. Jerawat Batu
Ciri-cirinya kelihatan dari bentuknya yang besar-besar, radang hebat di seluruh luka, kelenjar minyak yang berlebihan, pertumbuhan sel-sel kulit yang tidak normal dan meiliki respon berlebihan terhadap peradangan sehingga meninggalkan bekas di kulit.

Solusinya!
Sebelumnya, kamu harus tau dulu jenis kulit kamu, karena jenis kulit satu dan lainnya berbeda cara perawatannya. Kalo sampe salah perawatan, muncul masalah baru lainnya. Ini dia tips-tips untuk merawat jerawat.
1. Rajin mencuci muka setiap pagi dan malam untuk mengangkat sel-sel kulit mati.
2. Scrub/masker muka kamu setiap seminggu sekli.
3. Jangan pernah pencet-pencet jerawat kamu dengan jari tangan, tangan yang kotor bisa bawa bakteri dan bikin jerawat kamu terinfeksi.
4. Buat kamu yang punya kulit berminyak, bawa selalu kertas penyerap minyak untuk membersihkan minyak di wajah.
5. Mencari obat yang punya kandungan yang tepat untuk mengatasi jerawat.
6. Terakhir, konsultasi sama dokter soalnya masing-masing jerawat butuh perawatan yang berbeda-beda.

Nah,udah tau kan apa itu jerawat dan gimana ngatasinnya? So, dibawa santai aja punya jerawat . Jerawat gak bakalan ada kalo kita ngerawat wajah kita dengan bersih.

sumber : majalah gaul

Tidak ada komentar:

Posting Komentar