Senin, 05 September 2011

Belajar Efektif Sebelum Ulangan

Males banget rasanya kalo denger ulangan, bener? Ulangan lagi ulangan lagi, itulah kata yang selalu kita ucapkan. Kita terkadang stres menghadapi ulangan. Ada beberapa tips untuk mengatasinya. Mau tau??? Let's see...

Yang pertama, kia harus serius ketika belajar. Jangan asal masuk kelas aja! Kita harus mengikuti pelajaran dengan serius agar materi dapat masuk ke otak kita dan gak masuk telinga kanan keluar telinga kiri. Selain itu pun, kita harus aktif bertanya di kelas. Aktif bertanya apabila ada yang tidak dipahami. Memperhatikan materiyang diberikan ole guru-guru kita. Yang kedua, buat catetan kecil. ini merupakan satu tips yang patut di contoh.Buat catatan kecil yang isinya rangkuman dari materi yang dipelajari. Ini memudahkan jika akan ulangan. Kita hanya tinggal membuka dan membaca catetan kecil itu jika akan menghadapi ulangan.
Selanjutnya,jika ada sesuatu yang tidak mengerti dan tidak ditanyakan pada guru, kita bisa menanyakan pada teman. Tidak hanya di kelas kita juga dapat mengadakan kerja kelompok. Saling bantu jika ada yang tidak dimengerti.
Keempat, say no to SKS! Ya SKS! Sistem Kebut Semalam. Cara ini banyak digunakan oleh kita. Tapi sebenarnya ini tidak baik bagi kita. Kita terlalu memaksakan mempelajari materi yang banyak hanya dalam semalam. Membuat kita lelah dan mungkin bisa ngantuk. Tapi jika kita belajar dari hari-hari sebelumnya, mungkin hal itu bisa terhindarkan. Kita jadi lebih fokus mengerajakan ulangan dengan keadaan segar.
Satu lagi, kita pun harus belajar untuk jujur. Say no untuk menyontek! Untuk apa kita belajar dengan keras apabila akhirnya kita hanya menyontek. Sungguh merugikan bagi kita bukan? Selain itu menyontek membuat kita jadi bodoh karena membiarkan kita untuk mengandalkan orang lain dan tidak rajin belajar.

sumber : majalah gaul

Tidak ada komentar:

Posting Komentar