Jumat, 12 Agustus 2011

Penjara Tidak Buat Jera Para Koruptor

Sekarang ini, negeri kita tercinta sedang dikoyak oleh tingkah laku para koruptor. Nadzarudin? Gayus Tambunan? Ya, saat ini hampir semua orang baik itu anak-anak, remaja, dewasa bahkan para lansia tahu akan mereka. Koruptor kelas kakap, si manusia laknat yang telah menggelapkan uang rakyat. Korupsi atau meminjam uang tanpa mengembalikannya lagi sudah menjamur di Negara kita saat ini. Hampir semua orang di kursi indah melakukan korupsi. Korupsi merupakan tindakan yang tidak termaafkan. Mengambil uang yang bukan haknya dan memakainya untuk kepentingan dirinya merupakan tindakan yang tak termaafkan. Bagi rakyat mencari uang itu sulit sekali walaupun hanya seratus rupiah tapi mereka dengan wajah tanpa dosanya mengambil dan menghabiskan uang tersebut dengan sangat mudah. Tidakkah itu tindakan yang benar? Tidakkah itu tindakan yang sangat buruk?.
Tetapi sekarang ini pemerintah berusaha untuk memberantas para tikus-tikus yang masih berkeliaran. Sebuah badan yang bernama KPK berusaha untuk menangkap para koruptor tersebut. Dam sampai sekarang ini KPK memberikan hasil yang bagus setelah melihat banyaknya koruptor besar yang tertangkap. Tapi apakah yang dilakukansetelah koruptor itu tersebut tertangkap?.
Penjara, mungkin itu hukuman yang diberikan pada mereka setelah mereka tertangakap. Apakah hukuman itu sebanding dengan apa yang mereka lakukan? Tidak. Benar karena walaupun hukuman itu diberikan hingga puluhan tahun, itu tidak dapat menjamin mereka jera atas apa yang telah mereka lakukan. Contohnya, Gayus yang menyogok petugas kepolisian agar ia dapat  bertamasya ke luar negeri dengan status dia sebagai narapidana. Ya, selama mereka masih mempunyai harta atau uang atau kekayaan mereka dapat melakukan apa yang ingin mereka lakukan tanpa peduli bahwa mereka seorang narapidana ataupun bukan. Penjara tidak memberikan efek jera bagi para koruptor. Oleh karena itu, kita harus memikirkan bagaimana caranya agar dapatv memberikan efek jera bagi mereka. Salah satunya mungkin dapat dilakukan dengan cara, mengambil semua harta kekayaan mereka. Harta mereka semua hingga mereka tidak mempunyai apapun kecuali sepasang baju yang mereka kenakan. Mereka pun harus dicabut kedudukannya menjadi seseorang yang biasa, tidak mempunyai kedudukan, seorang yang tidak memiliki apa apa. Mungkin terdengar kejam tapi itulah fakta bahwa hanya itulah yang dapat memberikan efek jera pada mereka semua, tikus tikus nakal yang tak bertanggung jawab dan harus dimusnahkan. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar