Jumat, 14 Oktober 2011

Hanbok, "Batik" nya Korea !!

 It's time Korea! Yap kali ini saya akan membahas "hanbok" ! Tau kan apa hanbok itu?? Bagi yang suka drama korea pasti sudah gak aneh sama kata hanbok. Itu tuh baju tradisionalnya Korea, Tau? tau? tau? Nah, baju baju lucu yang berwarna warni di zaman kerajaan itu disebut hanbok yang berarti pakaian tradisional Korea. "Han" adalah sebutan bagi Korea dan "bok" berarti pakaian.
Pakaian ini bisa dikenakan secara formal atau semi formal dalam perayaan atau festival tradisional, misalnya tahun baru Seollal (Imlek) atau perayaan Chuseok. Dulu, hanbok di klasifikasikan untuk penggunaan sehari-hari, upacara peristiwa tertentu. Warna warna hanbok diambil dari warna alami yang sesuai dengan "yin dan yang" yang di dalam teori asia timur. Putih adalah warna dasar yang paling banyak dipakai oleh masyarakat umum, melambangkan semangat, sederhana dan murni. Kalo warna merah menandakan nasib baik dan kekayaan, yang biasa digunakan dalam pakaian perempuan. Indigo, warna keteguhan disunakan untuk warna rok wanita, pengadilan dna jas resmi pejabat pengadilan. Kuning merupakan pusat alam semesta dipakai oleh keluarga kerajaan.

sumber : majalah gaul
Hanbok terbagi atas baju bagian atas (jeorogi), celana panjang untuk laki-laki (baji) dan rok wanita (chima).

Bagian bagian Hanbok
1. Jeorogi
Jeorogi yang dipakai wanita dan pria sedikit berbeda bentuknya. Jeorogi yang dipakai pria lebih besar dan panjangnya menutupi bagian tubuh atas sampe pinggang. Sedagkan jeogori yang dipakai wanita cuma sampe bawah dada.
2. Dongjeong
Dongjeong adalah garis kerah jeorogi yang berbentuk V, biasanya model ini berwarna putih.
3. Goreum
Goreum adalah pita pengikat jeorogi dan chima. Jaman dulu goreum tidak terlalu banyak detail hiasannya, tapi kalo lihat hanbok modern di korea sekarang ini begitu banyak varian warna dan bentuk goreum yang fashionable.
4. Chima
Chima adalah yang mengembung di hanbok wanita. Nah, chima  ini bentuknya panjang dan mengembang menutupi sebagian besar tubuh sang pemakai. Tujuannya selain untuk mengatur penampilan supaya keliatan lebih sopan, juga untuk memudahkan gerak agar lebih leluasa.
5. Baji
Baji adalah celana yang dipakai pria korea dan diikat dengan pengikat yang bernama daenim. Di masa kuno orang Korea baik pria ataupun wanita menggunakan baji, khusus wanita tentunya tergantung kegiatan mereka. Dulu ukuran baji dijadikan sebagai identitas status sosial mereka.
6. Baerae
Baerae adalah garis terbawah dari lengan jeorogi atau magoja (jaket luar) dengan garis melingkar yang membentuk kurva dengan garis yang terdapat pada bagian atap rumah tradisional korea.
7. Beoseon
Beoseon adalah sepasang kaos kaki. Bentuk dari beoseon sebenarnya tidak mereflesikan perbedaan gender penggunanya, baik pria maupun wanita. Hanya saja beoseon pria memiliki pelipit lurus.
8.Patern
Patern adalah susunan gambar atau garis dan juga perpaduan beberapa warna.
9. Durumagi
Durumagi adalah pakaian luar yang dipakai sebagai jubah pakaian dingin. Durumagi hampir mirip bentuknya dengan jeorogi tapi ukurannya panjang sampai lutut dengan kerah dan bagian lengan yang lebih besar.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar